Motor ibarat tubuh manusia yang tersiri dari beberapa elemen atau bagian yang saling bekerja sama. Diantara bagian itu karburator adalah ibarat jantung pada manusia yang memberikan energi kepada seluruh tubuh untuk dapat bergerak.
Oleh karena itu karburator merupaka bagian yang sangat vital sehingga perlu perhatian khusus dalam perawatannya. Tapi perlu untuk diperhatikan apabila setiap terjadi kerusakan pada karburator kita harus kebengkel maka anda tentu akan mengeluarkan sejumlah uang sebagai imbalan jasa bengkel. Nah .. ada baiknya anda juga sedikit banyak mengetahui seluk beluk cara memperbaiki atau membersihkan karburator seperti diuraikan dibawah ini :
1. Bersihkan filter udara atau penampung debu dengan cara melepaskan filter udara yang terpasang pada mulut karburator kemudian lepas busa filter lalu bersihkan dengan cairan pembersih, biarkan kering dengan sendirinya. Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi karena dapat menyebabkan rusaknya pori-pori busa pada filter.
2. Cara membersihkan karburator adalah dengan :
-Melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk (choke) dan keran bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut tidak dol kemudian lepas komponen-komponen pada karburator dengan hati-hati lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, agar mudah gunakan saja bensin sebagai cairan pembersihnya.
-Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal atau karet pelindung. Sebaiknya anda tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat agar pada saat memasang kembali tidak bingung mencarinya.
Jika sudah terlepas semuanya maka bersihkan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer. Jangan terlalu banyak mengamplasnya karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer.
-Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.
-Sebelum komponen-komponen karburator dipasang kembali, anda harus mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau stigmat agar tidak terjadi kesalahan.
-Untuk perakitan kembali karburator terlebihdahulu pasanglah kembali bagian-bagian karburator yang tadi dilepas berserta filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Kemudian stel kondisi langsam motor pada keadaan mesin hidup. Stel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor anda. Anda juga harus menyetel baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Stel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan karena akan membuat oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin.
Demikianlah beberapa tips cara memperbaiki karburator yang saya kutip dari berbagai sumber, semoga bermanfaat