Sabtu, 21 Februari 2015

0 Sistem Transmisi


SISTEM TRANSMISI

PENEMU TRANSMISI : LOUIS-RENE PANHARD dan EMILE LEVASSOR

Fungsi : Untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin sehingga kendaraan dapat berhenti, meskipun mesin tetap dalam keadaan hidup

SISTEM TRANSMISI DI BEDAKAN MENJADI 2 JENIS YAITU :
1. SISTEM TRANSMISI MANUAL

1. Slidingmesh Type
2. Constantemesh Type
3. Syncromesh Type

2. SISTEM TRANSMISI OTOMATIS
1. Manumatic Type
2. Semi Automatic type
3. Elelctro Hidraulic Type
4. Dual Clutch Type

URAIAN
1. TRANSMISI MANUAL


Transmisi Manual terdiri dari empat komponen utama, yaitu :
1. Input Shaft
2. Output Shaft
3. Counter Gear
4. Reverse Gear
-Sistem Transmisi Manual dikenal juga sebagai transmisi "Gearbox" yang terdiri dari :
1, Transmisi Sekuensial
2, Transmisi Non Sekuensial
3. Transmisi tanpa Sinkronisasi
4. Transmisi dengan Sinkronisasi
4. Transmisi Pre Selektor

JENIS-JENIS TRANSMISI MANUAL
1. SLIDINGMESH TYPE


Jenis ini merupakan dasar pertama kali ditemukannya transmisi, dengan konstruksi yang sangat sederhana. Transmisi jenis ini sudah tidak lagi dikembangkan, walaupun demikian jenis ini masih sering digunakan dan terbatas hanya untuk gear percepatan dan mundur






2. CONTSTANTMESH TYPE


Jenis ini merupakan pengembangan dari jenis slidingmesh type, dimana bentu gear tidak lagi lurus melainkan helical, walaupun demikian saat perpindahan gera masih terjadi kesukaran
Dinamakan constantmesh type karena counter gear selalu berkaitan atau berhubungan dengan gear pada main shaft. sedangkan gear pada main shaft dihubungkan dengan perantara bearing sehingga gear dan main shaft dapat berputar bebas.


3. SYNCROMESH TYPE



Transmisi jenis ini mempunyai konstruksi seperti jenis constantmesh. pada jenis ini untuk memindahkan putaran dari main gear ke main shaft digunakan syncromesh, sehingga perpindahan putaran dapat dilakukan dengan mudah pada berbagai kecepatan.


JENIS-JENIS TRANSMISI AUTOMATIC
1. MANUMATIC TYPE



Transmisi Manumatic berasal dari kata "Manual" dan "Automatic"
Pada transmisi ini pengemudi cukup memilih tanda (+) untuk menaikan rasio perpindahan gigi dan tanda (-) untuk menurunkan rasio perpindahan gigi.
Perpindahan gigi terjadi secara sekuensial



2, SEMI AUTOMATIC TYPE



Pada Transmisi ini menggunakan Sensor Elektrik, Sistem Pneumatik dan Prosesor, serta Actuator untuk mengeksekusi perintah pengemudi saat memindahkan rasio perpindahan gigi transmisi


3. ELEKTRO HIDRAULIC TYPE



Transmisi ini merupakan transmisi buatan Jepang yang dikenal dengan "HondaMatic"
Pada transmisi ini terdapat komponen Pompa Hidraulic, Hidraulic Motor Piston dan jugaPompa Swash Plate yang bekerja menyerupai cara kerja sistem AC jenis Swash Plate


4. DUAL CLUTCH TYPE



Pada transmisi ini terdapat dua buah kopling yang saling terhubung dalam satu poros Infut Shaft.


MEKANISME PEMINDAH GIGI

1. JENIS PENGONTROL REMOTE
1. COLUMN SHIFT TYPE


Pada jenis ini tuas pemindah terpisah dengan transmisi, tuas pemindah berada di batang kemudi

2. FLOOR SHIFT TYPE

Pada jenis ini posisi tuas pemindah berada tepat di lantai bagian bawah dari kemudi

2. JENIS PENGONTROL LANGSUNG




Pada jenis ini tuas pemindah gear transmisi berada langsung pada transmisi sehingga proses pemindahan gear transmisi dapat dikontrol dengan baik

KERUSAKAN-KERUSAKAN TRANSMISI
1. GEAR SUKAR DI PINDAHKAN
2. SAMBUNGAN GEAR RUSAK


3. TERDENGAR BUNYI-BUNYI

Nama-Nama Komponen Transmisi
- Rakitan Tutup Bak Transmisi
- Extension Housing
- Penahanan Bantalan Depan
- Rumah Kopling
- Bak Transmisi
- Roda Gigi gerak Speedometer
- Poros Tuas Pemindah
- Tuas Pemindah dan Pemilih
- Garpu Pemindah 1 dan 2
- Poros garpu pemindah 1 dan 2
- Tutup Bak transmisi
- Bola, Pegas, dan Pemegang Bola
- Lengan Pemindah Mundur
- Pegas, Bolam Poros Garpu Pemindah Mundur
- Kepala Pemindah Mundur
- Pen Pegas Alur
- Pen Interlock No. 1
- Pen Interlcok No. 2




Semoga Artikel saya ini bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar